Komunitas Blogger, Menuju Sebuah Fitrah

Sudah menjadi fitrah manusia untuk berkumpul. Berkumpul menciptakan rasa aman dan pemenuhan kebutuhan dengan saling berbagi. Tidak mengherankan jika kemudian beragam perkumpulan dengan beragam bidang minat dan keahlian terbentuk di masyarakat . Mulai dari perkumpulan berbadan hukum yang serius hingga perkumpulan yang bersifat cair dan kekeluargaan.

Perkumpulan-perkumpulan tersebut juga terdapat di bidang dunia teknologi informasi (TI). Mengikuti perkembangan dunia TI yang terus berkembang, dirasa akan lebih menguntungkan jika seseorang tergabung dalam perkumpulan TI. Seseorang tersebut dapat saling berbagi dan memutakhirkan pengetahuan tentang Teknologi Informasi.

Bagi yang tidak menginginkan perkumpulan yang tidak terlalu serius, biasanya membentuk sebuah komunitas. Salah satu komunitas di bidang TI ini adalah komunitas blogger. Sebuah komunitas yang terdiri dari orang-orang yang memiliki minat terhadap website catatan perorangan (blog).

Biasanya komunitas blogger terbentuk karena ada beberapa narablog (blogger) di sebuah daerah atau kota yang memiliki kebutuhan untuk berkumpul dan berkegiatan. Komunitas blogger ini biasanya selain bertukar pengetahuan tentang blog juga memiliki kegiatan-kegiatan sosial-kemasyarakatan. Dapat dipahami, karena pada prinsipnya narablog ini memang menulis di blog untuk berbagi manfaat.

Seperti itu juga yang dilakukan oleh komunitas Sandal Selen. Komunitas  blogger yang berbasis di pesantren Al Hikmah 2, Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah.  Komunitas blogger santri ini berfungsi sebagai wadah informal untuk saling belajar blog. Selain itu, komunitas yang memiliki web di http://malhikdua.com ini memiliki peran sosial sebagai penyambung silaturahmi dengan para alumni ponpes Al Hikmah 2.

Komunitas blogger santri Sandal Selen hanyalah salah satu contoh. Peran sosial dan saling berbagi adalah ciri komunitas blogger pada umumnya. Sifatnya yang cair dan kasual berdasarkan kesamaan minat terhadap dunia blogging, membuat anggota-anggota komunitas ini memiliki semangat militan untuk tetap memberikan manfaat kepada masyarakat. Apapun bentuknya. ***

Ditulis untuk keperluan buku M2Net