Pantaskah Mereka (Tukang Sampah) Disebut Pahlawan?

M2Net-Sedari dulu banyak perbicangan bahwa pahlawan adalah seseorang yang sudah berjasa dalam mengerjakan sesuatu bagi kalanganya. Salah satunya dan yang paling sering diungkit dalam media yaitu guru, Guru?..ya bisa jadi. Namun seiring perkembangan zaman dari masa ke masa dekade ke dekade sosok guru telah membuat telingan kita bosan dengan segala ulah tingkahnya.
Sekarang coba cari relasi, siapakah yang cocok menjadi sosok pahlawan selanjutnya, bukan yang megang pedang bukan pula yang megang buku plus laptop. terus siapakah dia/ mereka? ya Tukang Sampah. orang ini memang hidup dan tinggal dalam keadaan terkucil walaupun lahir dengan sosok tak kerdil.
Walaupun hidup dengan berselimut buruk persepsi-tukang sampah tetaplah manusia, karena title “tukang sampah” hanyalah sebuah pekerjan. Etos semangat kerja mereka yang tinggi, Tak hiraukan apa mereka kata yang penting aku bahagia telah melunturkan hujatan hujatan yang mereka lalui dalam kehidupan mereka.
Apa mereka tak berfikir, siapa yang selalu dan telah membantu kita dalam menyelesaikan segala macam masalah sampah yang tiad a henti, jelas dan tentu saja ialah tukang sampah, tapi mereka seolah- olah menganggap tukang sampah hanyalah pembantu eksternal yang menjadi pelengkap dalam urusan kebersihan lingkungan, Jahat.
Bisakah kita berfikir dan berandai-andai, siapa yang bakal membuang sampah jika tak ada tukang sampah? Kita renungi, jangan asal beri nilai terhadap seorang tukang sampah, walaupun pekerjaan mereka hanya berkecimpung dalam kubangan kotoran tapi semua itu mereka lakukan demi dirinya, keluarganya, masyarakat, dan tentunya negerinmya agar selalu bersih.
Bisa kita tebak sekarang, siapakah pahlawan kita sekarang, saat kita rempong dengan masalah kebersihan, akan dikemanakan semua sampah yang menumpuk di depan rumah kita, tentu tukang sampahlah yang pertama tanggap dengan masalah seperti tu. Maka dari itu pantaskah mereka (Tukang Sampah) mendapat titel Pahlawan. Tentunya sebagai pahlawan era kini. Memberantas masalah yang tiada henti, sampah dan kebersihan lingkungan.
(Luth)