Good Morning Al Hikmahdua

Oleh: Ust. Nurfauzan
Tiada hari yang tidak diawali oleh waktu pagi, semua hari pasti diawali dari pagi hari. banyak ayat-ayat Al-Qur’an ataupun hadits-hadits Nabi SAW yang menjelaskan tentang keutamaan pagi hari, seperti ayat-ayat berikut ini :

Artinya : demi waktu fajar QS : Al-Fajr ayat:1

Artinya : demi waktu dhuha QS : Ad-Dhuha ayat:1

Bagi antum/antumma para santri tentu sudah tidak asing lagi dengan ayat-ayat tersebut bahkan saya yakin bahwa kalian pasti sudah pernah membaca tentang hadits-hadits yang menjelaskan keutaman-keutamaan waktu fajar , ataupun waktu dhuha.

Setiap pagi tentunya kita sudah bersiap diri untuk melaksanakan seluruh agenda di hari itu, ada baiknya kita menyiapkan diri dengan mental pemenang untuk meraih amal-amal terbaik untuk meraih amal-amal terbaik sepanjang hari dan untuk berprestasi di hari itu sehingga sebelum tidur malam kita bisa tersenyum bahagia dengan mengingat pencapaian-pencapaian di siang harinya yang tentu telah di rencanakan dengan matang saat sebelumnya.

Bila seseorang mengawali hari-harinya dengan penuh tawakal, optimis, dan penuh semangat maka ia akan dapat meraih mimpi-mimpinya sepanjang tahun, karena kemenangan di akhir tahun adalah kamulasi dari kebaikan-kebaikan setiap harinya,dan kebaikan-kebaikan dalam setiap harinya bisa diawali dengan pengkondisian sejak awal harinya

Pagi hari

Karena itulah Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk membaca do’a-do’a tertentu di pagi hari :

Do’a-do’a tersebut secara keseluruhan mengajarkan kita agar :

“hendaknya mempersiapkan diri untuk menjalani hari tersebut dengan tawakal, optimis dan penuh semangat.”

“genggam dunia dan akhiratmu dengan menggenggam pagimu.”

Artinya : dari sayyidah Aisyah RA dari Nabi SAW beliau prnah bersabda : dua rokaat sholat fajar lebih baik dari dunia dan segala isinya.

Subhanallah.. ini luar biasa sekali, hadits ini mengisyaratkan pada kita bahwa kemenangan menaklukan dunia dan isinya bisa dengan membiasakan diri mendawamkan sholat sunnah fajar sebagai persiapan mental untuk menundukan dan menggenggam dunia di hari itu/hari yang di isi dengan aktifitas amal produktif dengan senantiasa menjaga spirit pagi hari.

Khusushon bagi anak-anak tingkat akhir yang sebentar lagi mau menghadapi UN jaga selalu SEMANGAT kalian !

Usahakan untuk selalu memiliki semangat pagi walaupun kalian ada di siang hari atau pun sore hari.

Jadi ada baiknya kalau di Alhikmahdua ini syiar/sapaan sepanjang harinya adalah :

“Good morning”.

walaupun di sore hari, agar selalu terinspirasi oleh spirit pagi hari yang semuanya masih segar, tidak jenuh dan bosan.

 Waktu adalah sehelai kehidupan yang harus ditulis dengan deretan kalimat kerja dan prestasi. Seharusnya kita merasakan kehampaan yang luar biasa apabila waktu yang kita lalui tidak diisi dengan kreasi, kalimat kerjanya terputus, atau bahkan kita seharusnya merasakan kekosongan jiwa apabila ada waktu yang kosong serta tidak mempunyai manfaat atau Nilai apapun.

Pertanyaannya adalah:

Kita tulis dengan cerita apakah lembaran kertas tersebut?

Apakah kita menulis cerita hidup kita dengan kemalasan, tidur, sakit, kekalahan atau kegagalan ?

Sebaiknya kita  menulis dalam kertas waktu kita tersebut dengan kisah-kisah heroic, keuletan, kesabaran, kegigihan prestasi demi prestasi, sukses !!!

PERHATIKAN

Mereka yang sengaja datang terlambat apalagi membolos (baik siswa/guru) itu berarti telah melakukan kedzoliman. Bukankah bagi kita semua ada peraturan yang jelas hal itu merupakan korupsi waktu dan itu adalah kedzoliman.

Waduh pedas dan pahit sekali ungkapan tersebut !

Ingat : Pribadi yang sukses adalah pribadi yang disiplin, komunitas dan bangsa yang sukses adalah komunitas dan bangsa yang berdisiplin.

 Disiplin adalah Nafas bagi suatu peradaban yang ingin maju