8 Cara Merawat Flash Disk

Benda,M2net – Bentuknya yang kecil, ringan, namun memiliki kapasitas penyimpanan yang besar membuat Flash disk digandrungi banyak orang. Sayangnya, masih banyak diantara Anda yang tidak tahu bahwa Flash disk sangatlah rentan rusak. Untuk mencegahnya, lakukan hal berikut ini.
1. Biasakan Eject
Banyak orang, mungkin termasuk Anda, selalu menganggap remeh proses eject sebuah flash disc. Karena terburu-buru atau malas, Anda sering langsung mencabut flash disk dari port USB. Padahal hal ini sudah pasti dapat merusak sistem flash disc. Lebih parahnya lagi,s emua data yang tersimpan di dalamnya bisa hilang. Gawat, kan?

2. Jauhkan Dari Elektronik Lainnya
Mungkin Anda belum tahu kalau barang-barang elektronik seperti tv dan handphone sangat memengaruhi flash disk. Hal ini karena sifat barang elektronik yang memiliki medan magnet kuat. Untuk itu jangan pernah menyimpan flash disk di dekat barang-barang elektronik seperti televisi atau ponsel.

3. Tutup Selalu
Seperti manusia, flash disk juga rentan terhadap debu dan kotoran. Jika socket flash disk kotor, biasanya dapat mengakibatkan proses ‘baca tulis’ gagal. Jadi, jangan sampai hilang ya tutupnya!

4. Virus Scan
Komputer Anda banyak virus? Itu artinya Anda harus semakin berhati-hati. Karena biasanya saat pengambilan data, virus-virus juga ikut berpindah. Apalagi jika Anda sering mengambil data dari internet, bisa cepat rusak deh flash disk Anda. Untuk mencegahnya, lakukan scan virus secara berkala dengan software anti virus yang tersedia.
5. Jangan kena Air
Barang elektronik memang sangat rentan terhadap air. Flash disk juga sama. Biasakan menyimpan flash disk Anda di tempat yang aman, bahkan kalau perlu, bahan yang anti air.

6. Jauhkan Dari Tempat Panas
Semua barang elektronik tak terkecuali flash disk sangat peka terhadap panas terutama sinar matahari langsung. Jadi usahakan Anda tidak menyimpan flash disk ditempat yang panas seperti mobil misalnya.

7. Hindari Benturan Keras
Barang sekuat apapun, jika jatuh ke lantai pasti bisa membuat kerusakan. Apalagi flash disk yang sangat rentan. Makanya, jaga flash disk Anda dari benturan keras, ya.

8. Kurangi mengedit langsung
Flash disk memiliki batasan usia tergantung dari kualitas merek itu sendiri. Biasanya usia flash disk berkisar antara 10.000 hingga 100.000 kali proses hapus tulis. Untuk menguranginya, usahakan untuk tidak mengedit langsung tulisan dari flash disk Anda.

Sumber : http://www.cleo.co.id

(RIS)