AlHikmah 2 Gelar Salat Gerhana Matahari

Benda, M2net – Ribuan santri dan warga setempat menggelar sholat Gerhana Matahari berjamaah di Masjid An-Nur Pondok Pesantren Alhikmah 2 Benda Sirampog Brebes, Rabu 9 Maret 2016.

Pelaksanaan sholat dimulai sekitar pukul 07.30 di imami oleh Gus Amma dan diakhiri dengan khutbah tentang kebesaran Allah SWT mengenai Gerhana Matahari ini. Menurut beliau Gus Amma, penting bagi umat Islam untuk memahami peristiwa gerhana sebagai fenomena alam yang dapat dijadikan momentum meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

“Gerhana matahari dan gerhana bulan pada dasarnya  peristiwa alam biasa yang dapat dihitung kapan terjadinya dengan ilmu hisab/falak. Gerhana tidak terkait dengan peristiwa kematian atau kelahiran seseorang, juga tidak bisa dikaitkan dengan hal-hal yang tidak patut dikaitkan. Gerhana itu peristiwa murni kebesaran Allah SWT” papar Gus Amma ketika khutbah.

Ia mengatakan  peristiwa ini semestinya dimanfaatkan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Itu adalah suatu tanda dari banyak tanda kebesaran-Nya dan betapa manusia sangat kecil dan lemah di hadapannya.

“Kita lihat di televisi, orang berbondong-bondong mendatangi tempat paling strategis untuk melakukan pengamatan dengan bermacam alat, tetapi mereka belum tentu mengingat Allah”.

(MZN)