Ma’am Yuni : Kita Melewati Satu Tahap

Benda, M2net- Indonesia melewati satu tahap setelah masa pra aksara, yaitu tahap membaca. Begitu kurang lebih pernyataan Ibu Sri Wahyuni atau lebih akrab dipanggil Ma’am Yuni pada jamnya di kelas 12 MAK B (30/7).

Walaupun Indonesia secara fantastik menempati peringkat ke-6 (menurut survey lembaga riset pasar e-Marketer)  sebagai pengguna Internet terbesar, namun fakta yang berkonotasi baik itu  seakan hilang tak berarti ketika di lain pihak website http://www.jurnalposonline.com/ mengemukakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan penyalahgunaan internet tertinggi nomor ke-2 setelah Ukraina.

Fakta yang memprihatinkan tersebut menurut Ma’am Yuni disebabkan karena sesudah masa pra-aksara (atau lebih sering disebut masa pra sejarah) Indonesia melewati fase membaca dan melompat menuju masa digital, artinya disaat orang-orang Indonesia belum menjadikan aktivitas membaca sebagai sebuah kebutuhan, Indonesia sudah lebih dahulu tergempur oleh arus globalisasi berupa internet, tidak salah jika Indonesia menjadi negara engan penggunaan internet terburuk. Kebanyakan kita tidak menggunakan internet untuk mencari informasi, tetapi untuk ajang pamer diri, curhat dan hal-hal hiburan yang kurang penting.

Istri dari Ust. Shofiyullah Mukhlas menambahkan bahwa orang Indonesia belum bisa menjadikan membaca sebagai nasi yang merupakan kebutuhan pokok, tidak seperti Jepang yang sudah sukses melakukannya.

Sumber :

https://kominfo.go.id

http://www.jurnalposonline.com/

(RIS)