Al Hikmah 2 Ikuti Ajang Lomba MQK Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Benda,M2Net- Pon. Pes. Al-Hikmah 1 & 2 telah mengirimkan 46 santri, yang terdiri dari 23 santri putra dan 23 santri putri pada hari senin, 28 November 2016 untuk mengikuti MQK (Musabaqoh Qira’atil Kutub) pada Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Pon. Pes. Ma’hadut Tholabah Babakan Lebaksiu kab. Tegal pada hari selasa, 29 November 2016. (1/12)

Lomba ini dihadiri para peserta yang berasal dari berbagai pondok yang berada di Jawa Tengah, dan juga dihadiri oleh pondok besar yang terkenal, diantaranya Pon. Pes. Al-Hikmah yang mewakili kota Brebes dan Pon. Pes. Raudlatul Ulum yang mewakili kota Pati dan juga pondok ini pernah menjadi tuan rumah MQK pada tahun 2013 tingkat Provinsi.

Pada lomba MQK ini tidak hanya baca kitab yang dilombakan dari Kemenag Jawa Tengah, tetapi juga diadakannya lomba Debat Bahasa Arab di dalamnya.

Sebelum mengikuti lomba, seluruh peserta melaksanakan registrasi (daftar ulang) yang dilaksanakan pada hari senin, 28 November 2016 dari pagi sampai dzuhur, kemudian setelah dzuhur semua peserta lomba melaksanakan upacara dan pembukaan lomba MQK Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Setelah pembukaan selesai, mereka menuju kamar mereka masing-masing guna melaksanakan istirahat untuk persiapan lomba MQK yang dilaksanakan pagi 29 November 2016 hingga malam harinya.

Dan pagi hari selanjutnya dilanjutkan dengan pengumuman-pengumunan para pemenang lomba, dan dari sekian banyaknya pondok pesantren  Juara 1 Umum diraih oleh Pon.Pes. Raudlatul Ulum, Juara 2 Umum diraih oleh Pon.Pes. dari  Rembang dan Juara 3 Umum diraih oleh Pon.Pes. dari Jepara.

Meskipun Brebes tidak mendapat Juara umum, namun Brebes telah mendapat 3 Medali Emas yang diraih oleh 3 santri putra, 1 Medali Emas yang diraih oleh 1 santri putri, 1 Medali Perak yang diraih oleh 1 santri putra, dan 2 Mesali Perunggu yang diraih oleh 1 santri putra dan 1 santri putri.

Mereka meraih semua medali tersebut karena mereka mendapat juara baca kitab dan debat Bahasa Arab, adapun kitab-kitabnya yang telah dijuarainya antara lain: dari bidang Hadits; kitab Subulussam dan Syarah Shohih Muslim (Imam Nawawi), dari bidang Sejarah; kitab Tarikh Rohiq Al-Makhtum, dari bidang Tasawuf; kitab Kifayatul Atqiya, dan dari bidang Fiqih; kitab Ihya Ulumuddin.

“Semoga diacara MQK 3 tahun selanjutnya Al-Hikmah bisa mendapat Juara Umum….. Amiinn” ujar salah satu peserta yang ikut dalam Lomba tersebut.

 

(M3)

Editor : (Zet)

One Response