Kejahatan Cyber! Akun Facebook ‘Muhammad Fadhlurrohman’ Dibajak, Pembajak Tipu Teman-teman Pemilik Akun

M2Net, Kairo – Akun facebook atas nama Muhammad Fadhlurrohman, mahasiswa Universitas Al Azhar Kairo, Mesir yang juga alumni Pon. Pes. Al Hikmah 2 Benda, Brebes baru saja dibajak oleh seseorang yang mengaku membutuhkan akun facebook-nya untuk perbaikan akun ‘Azzah Nuril Mudliah’ yang tersangka gunakan untuk menghubungi korban, Selasa (02/05/2017) siang hari waktu Kairo.

Kejadian bermula ketika pada siang hari, sekitar waktu dzuhur Kairo, pemuda yang biasa dipanggil Fadhlu (20) mengakses akun facebook-nya. Tak lama kemudian muncul pesan dari akun temannya yang berada di Indonesia, ‘Azzah Nuril Mudliah’ yang meminta email dan kata sandi akun Fadhlu dengan alasan perbaikan akun milik Azzah yang tengah dibajaknya. Fadhlu sempat menolak karena takut ditipu dan sempat menawarkan akun lain miliknya namun tersangka menolak dengan alasan membutuhkan akun yang sudah lama berteman dengan akun milik Azzah. Merasa kasihan, dengan berbekal kepercayaan pada seseorang yang Fadhlu kira teman lamanya yang sempat satu kelas selama tiga tahun di MTs Al Hikmah 2 itu akhirnya Fadhlu memberanikan diri untuk memberikan email dan kata sandinya. Sebelum memberikannya, tersangka sempat menjanjikan Fadhlu akan menggunakan akun Fadhlu hanya selama kurang lebih lima menit. Fadhlu pun menyanggupinya. Tak lama kemudian akun Fadhlu yang sedang Fadhlu akses keluar dengan sendirinya. Setelah lewat dari lima menit, akun Fadhlu tak kunjung kembali, justru akun Fadhlu sudah berganti sandi bahkan email utama facebook ketika Fadhlu mencoba mengakses ulang akun facebook miliknya.

Masih dengan kepercayaan yang Fadhlu pegang untuk temannya, Fadhlu menunggu hingga sore hari waktu Kairo. Namun bukannya dikabari dengan kabar gembira justru Fadhlu dibuat khawatir olehnya. Tak lama kemudian, Abdul Muhyi Alawiy Atahallah, salah satu teman Fadhlu yang berada di Indonesia mengirim pesan ke salah satu teman kos Fadhlu, Sigit Adi Pratomo, menanyakan apakah benar Fadhlu meminjam uang darinya. Menyadari bahwa Fadhlu tengah ditipu, melalui akun temannya itu ‘Sigit Adi Purnomo’ yang juga sedang bermukim di Mesir, Fadhlu menyebarkan berita ke berbagai grup facebook dan whatsapp bahwa akun facebook miliknya tengah dibajak oleh seseorang. Pada waktu itu Fadhlu masih beranggapan bahwa Azzah temannya lah yang menipunya. Berbagai respon berdatangan, ternyata tidak sedikit yang pembajak kirimi pesan meminta untuk mengirimkan uang padanya sebagai bentuk pinjaman, termasuk di antaranya Ade Naufal Prayoga, rekannya, namun sebagian besar mengaku belum sempat mengirimkan uang, kecuali Alawiy yang sudah mengirimkan uang pada No. Rek. BNI 0443337225 atas nama SDRI ZARA SUCI.

18217793_1276048859182826_335066143_n

Mengetahui bahwa kakak perempuan Alawiy, Abiila Zayyinatul Millah pernah sempat belajar di perguruan tinggi yang sama dengan Azzah yaitu di IIQ Jakarta, Fadhlu langsung meminta Alawiy untuk meminta kakaknya menghubungi Azzah. Biila pun mengirimkan pesan suara pada bibi dari Azzah yang kemudian dibalas oleh Azzah yang pada intinya memberitahukan bahwa akun milik Azzah juga tengah dibajak oleh seseorang. Saat ini sejumlah pengumuman telah tersebar di beberapa grup facebook dan whatsapp saja dan akun facebook Fadhlu sedang diupayakan untuk bisa diterobos ulang oleh Fadhlu.

“Dengan ini saya mengucapkan banyak maaf pada korban yang telah terkena musibah dan untuk beberapa teman yang sempat dikirimi pesan oleh akun facebook saya yang saya sudah tidak bisa apa-apakan lagi, serta untuk pihak yang sempat saya duga bersalah, teman saya, Azzah. Kita tidak tahu siapa yang benar dan siapa yang salah, karena semua itu hanya milik Allah.” Ujar Fadhlu.

(MFR)

Add Comment