Mata Pelajaran Pilihan untuk UNBK

Benda.M2net-Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 kian dekat. Diperkirakan psds bulan Maret , siswa SMA dan sederajat akan melaksanakan UNBK. Persiapan pun dilakukan di tingkat sekolah. Baik pendataan siswa hingga peminatan siswa dalam memilih satu mata pelajaran (mapel) pilihan saat ujian.

MA Al-Hikmah 2 telah melaksanakan penelusuran terhadap minat mapel pilihan. Hasilnya, banyak siswa jurusan IPA yang tertarik pada jurusan biologi. Jurusan fisika juga lebih diminati daripada kimia.

Sementara itu, pada jurusan IPS, siswa lebih banyak memilih mapel sosiologi untuk UNBK. Pemilihnya mencapai 70 persen. Sisanya memilih ekonomi dan geografi.Pemilihan tersebut murni pilihan siswa. Pihak sekolah mengarahkan siswa untuk memilih sesuai hati nurani.

Beragamnya pilihan siswa itu diharapkan tidak menjadi persoalan ketika pelaksanaan ujian. Sebab, saat ini ujian nasional dilaksanakan dengan berbasis komputer atau UNBK. Siswa dalam satu ruangan bisa saja mengerjakan mapel yang berbeda. Karena sekarang tinggal klik dan mereka terdaftar sesuai dengan mapelnya.

Untuk jurusan IPS, lebih banyak siswa yang memilih geografi dan sosiologi. Peminat mapel ekonomi tidak banyak. Lantas, apakah juga diarahkan sesuai minat studi di perguruan tinggi? Sebenarnya, tidak ada hubungan antara pilihan mapel saat UNBK dan minat studi di perguruan tinggi. Jadi, dikembalikan lagi kepada siswa. Bebas mau pilih yang mana.

Seperti program yang telah berjalan pada tahun sebelumnya, tahun ini UNBK dilakukan dengan empat mapel. Yakni, matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, serta satu di antara tiga mapel jurusan. Siswa bebas memilih mapel yang diminati.

(QI)

Add Comment