Belajar Fiqih Muamalah Bersama Abah Mukhlas

Benda, M2net- Setiap selasa pagi,sisawa siswi kelas X MAK belajar fiqih muamalah bersama KH. Mukhlas Hasyim MA. Pembelajaran dimulai pada pukul 07.30-08.30 WIB yang bertempat di moving class MA Al hikmah 2.

Abah mukhlas menganjurkan kepada setiap santri al hikmah 2, khususnya siswa siswi MA Al hikmah 2 untuk bisa memahami berbagai macam permasalahan dan juga kaidah-kaidah yang berkaitan dengan muamalah (akad jual beli) di masyarakat secara syariat islam,yang mana pada hakikatnya di zaman sekarang sangat sulit bagi kita untuk menjumpai suatu firqoh/kelompok yang mempraktekkan akad jual beli secara syariat islam.Apalgi orang- orang awam,yang tidak tahu menahu soal muamalah secara syariat islam. Kecuali perusahaan-perusahaan besar di Indonesia,banyak yang mempraktekkan nya,walaupun belum secara keseluruhan.

Abah mukhlas menganjurakan itu semua karena beliau melihat santri santri zaman sekarang semakin tidak memperhatikan fiqih muamalah dan seolah-olah tidak memperdulikan semua itu.oleh karenanya beliau berharap kepada seluruh santri Al hikmah 2 spaya memperhatikan dan peduli terhadap fiqh muamalah.

Kembali kepada pembahasan awal, bahwasanya pembelajaran pada selasa pagi tersebut menggunakan metode yang sangat unik dan mengesankan. Bahasa interaksi yang digunakan antara santri dan kyai pada pembelajaran tersebut menggunakan bahasa arab fushah dan jugga menggunakan kitab kuning yaitu kitab At-Tadzhib fii adillati  matni ghoyatii  Al iktishor,karangan Doktor syeikh Mustofa diyb Al bagha.

Selain mendapatkan materi-materi tentang fiqih para santri juga mendapatkan banyak sekali mufrodat-mufrodat/kosakata bahasa arab kontemporer zaman sekarang. Begitu juga santri kelas X MAK diajak untuk berdiskusi tentang masalah-masalah yang sering terjadi di kehidupan masyarakat sehari-hari. Itulah kegiatan pembelajaran pada selasa pagiyang sangat membantu kita untuk bisa memahami situasi dan keaadaan masyarakat di zaman sekarang. (7/2 2018)

 

 

(SYR)