Mading dan 1001 Kegunaannya

 

Benda M2Net- Di era globalisasi seperti sekarang ini ada banyak cara yang bisa dilakukan sekolah untuk meningkatkan kualitas siswanya seperti pengadaan  ekstrakurikuler, kelas tari, kelas musik, dsb. Tidak sedikit pula sekolah yang ingin siswanya kreatif, terampil menulis, dan up to date dalam informasi (06/03

Solusi yang bisa dipilih untuk mewujudkan harapan tersebut adalah dengan adanya pengadaan mading sekolah. Mading biasanya diisi dengan cerpen, vignet, berita terkini yang ditampilkan dengan tema tertentu. Selain sebagai wadah menampung kreativitas siswa,  membuat mading juga bisa digunakan sebagai pengisi waktu luang. Kita tentu  mengetahui bahwa banyak sekolah-sekolah –bukan berbasis pesatren– yang siswanya memiliki waktu luang. Waktu luang tersebut memiliki potensi besar hanya terbuang sia-sia. Pada konteks ini mengisi mading tentu bisa dipilih untuk mengisinya. Selain itu, mading juga bisa sebagai sarana unjuk diri. Pihak sekolah mengadakan lomba karya tulis ataupun sebagainya. Karya pemenangn bisa dipajang di mading.

Dengan mading pula secara tidak langsung kita telah menumbuhkan semangat literasi yang dewasa ini kian meredup di lingkup pelajar maupun santri.

 

 

(IM)