Sekilas Tentang Kitab Jurumiyah

Santri mana yang tidak tahu kitab Al Ajurumiyah? Setiap santi pasti mengenal kitab ini, kitab kecil yang menjadi pegangan ilmu nahwu bagi para pemula. Banyak dari para santri memulai pelajaran bahasa Arabnya melalui kitab ini. Tidak hanya itu, banyak juga di antara mereka yang menghapalnya.Siapakah pengarang  kitab yang sangat masyhur ini?

Pengarang kitab yang lekat dengan pesantren ini adalah Abu Abdillah Muhammad bin Muhammad bin Dawud Ash Shinhaji (kadang disebut Ash Shonhaji), yang lebih dikenal dengan nama Ibnu Ajurum. Ibnu Ajurum dilahirkan di kota Fas, sebuah daerah yang besar di Negeri Maghrib (Maroko ) pada tahun 672 H. Pada tahun itu pula seorang pakar nahwu yang terkenal yaitu pengarang Kitab Alfiyah yang bernama Ibnu Malik –rahimahullah- meninggal dunia. Ibnu Ajurum rahimahullah wafat di Kota Fas pada hari Senin, tanggal 10 Safar 723 H. (3/11).

Kitab ini menjadi syarat wajib bagi pemula dalam mempelajari ilmu gramatikal bahasa Arab karena di dalamnya mengandung dasar-dasar kaidah bahasa yang sangat penting dalam memahami teks-teks berbahasa Arab.

(AZN)

 

One Response