Guru dan Siswi Tata Busana Harus Kreatif

 

Benda,M2net – Perkembangan dunia fashion yang sangat cepat menuntut guru tata busana harus semakin kreatif. Untuk itu, guru tidak harus lagi terpaku pada kurikulum, tetapi harus update tren serta mengajarkan siswanya untuk mengeksplorasi kemampuannya dengan terus mengikuti perkembangan fashion masa kini.

”Tujuannya agar siswa tata busana bisa semakin kreatif, sehingga output dari jurusan ini bisa jadi desainer dan tidak hanya sekedar tukang jahit,” kata Ida Purwaningsih, Guru Tata Busana pada pembukaan Presentasi Praktek Kerja lapangan keahlian tata busana di workshop tata busana, Kamis (8/3).

Di jurusan tata busana, Kemendikbud menggandeng industri dan praktisi tata busana yaitu Indonesian Fashion Chamber (IFC) untuk turut mendukung dan mendampingi pendidik serta siswa agar bisa menyelaraskan diri dengan industri di dalam maupun di luar negeri.

Sementara itu, narasumber dari IFC Ali Charisma mengatakan, “Perkembangan fashion sangat cepat. Tidak lebih dari enam bulan sekali tren fashion selalu berganti. Hal ini jauh lebih cepat dibandingkan perubahan kurikulum. Oleh karena itu, guru tata busana harus bergerak lebih cepat agar bisa mengikuti perkebangan tren, sehingga bisa memberikan pelajaran yang tepat bagi siswanya.” dikutip dari Suara Merdeka News.

”Kalau ingin maju, siswa tata busana harus bergerak cepat. Tidak hanya pinter tetatpi juga tekun dan percaya diri” Ujar guru tata busana.

(Qi)

Add Comment