Latihan Khotmil Quran

Benda, M2net-Khataman Quran, atau yang kerap juga disebut dengan Khotmil Quran merupakan acara besar bagi  PONPES AL Hikmah 2. Maka dari itu daiadakan latihan yang sangat serius dan sungguh, oleh karena itu para pengurus gencar gencarnya untuk menyuruh seluruh santri  baik tingkat SLTA/SLTP agar giat berlatih untuk khotmil agar bisa menampilkan yang terbaik. Adapun surat yang dibaca pada khotmil Quran santri kelas satu tahun ini ialah juz 30 saja. setiap surat yang ada di juz 30 dibagi secara merata per firqoh masing2. Adapun jumlah firqoh keseluruhan ialah 7 firqohbaik itu komplek Alhasan, Iltizam, Al azhar dan EDS.

Pada hari kamis (15/3/2018) kemarin/ jumat malam sehabis sholat isya di masjid an-nur dilaksanakanlah acara latihan akbar khotmil Quran bagi santri kelas satu tingkat SLTA/SLTP. Adapun acara ini, diselenggarakan oleh pengurus dalam rangka untuk berlatih membaca Quran dengan para ustadz dari desa Benda. Topik bahasan masalah kali ini ialah seringkali “para santri membaca Quran, hanya sekedar membaca tanpa memperhatikan tajwidnya”. Tajwid inilah yang seringkali menjadi masalah bagi bacaan Quran para santri.

Pada latihan malam itu juga disinggung tentang kejadian pada khotmil Quan tahun lalu dimana ada beberapa santri putra yang lupa dengan hafalannya. Hal ini menjadi sebuah kritikan keras bagi para pengurus untuk menyuruh para santrinya agar hafalannya harus benar benar dihafal luar kepala, Karena apabila  santri itu lupa dengan hafalannya pada saat tampil di khotmil Quran nanti maka akan menjadi aib yang besar.

Oleh karena itu semua agar acara khotmil tahun ini berjalan dengan baik dan lancar, maka baik santriwan /santriwati harus menghafal bagian surat yang didapat dengan tekun dan harus benar tajwid dan makhorijul hurufnya. Agar tidak mempermalukan diri sendiri pada saat dikunjungi walinya saat khotmil Quran.

 

(ABG)

Add Comment