Empat Alasan Jangan Sepelekan UTS!

Benda.M2net – Siswa MA Al Hikmah 2 kini akan menjalani masa ujian tengah semester (UTS) pada hari Senin (26/3). Untuk mempersiapkan UTS, rata-rata siswa menghabiskan waktunya untuk mempelajari materi yang akan diujikan. Namun, tidak sedikit juga yang menyepelekan UTS karena berpikir bahwa yang terpenting adalah hasil ujian akhir semester (UAS) nanti.

Jangan salah, ternyata UTS bisa memberi banyak pengaruh pada nilai akhirmu di ujung semester. Mau tahu alasannya? Simak ulasan berikut ini.

Tabungan nilai UAS

Biasanya, nilai UTS akan mengambil porsi 30-40 persen dari total nilai akhir. Tambahan lainnya berasal dari nilai UAS, tugas-tugas serta kehadiran dan keaktifan siswa di kelas. Oleh karena itu, nilai tinggi saat UTS akan membuat tugas lebih ringan. Meski demikian, tentu saat UAS tidak boleh lengah dan tetap mempersiapkannya dengan matang.

Bahan evaluasi

Hasil UTS bisa menjadi bahan renungan seorang siswa dalam menilai kinerja belajarnya selama setengah semester terakhir. Saat hasil UTS kurang memuaskan, siswa dapat memperbaiki diri agar tampil sempurna di sesi UAS. Misalnya, lebih aktif di kelas, memerhatikan guru saat mengajar, dan belajar kelompok.

Tingkat kesulitan

Materi di sesi UAS biasanya lebih sulit ketimbang sesi UTS. Itu sebabnya, kemungkinan siswa mencapai nilai yang tinggi lebih besar pada periode UTS. Jangan sia-siakan waktu pada sesi UTS. Siswa harus tetap fokus dan berusaha mendapat hasil yang maksimal supaya tidak keteteran.

Motivasi

Nilai UTS yang bagus akan memberikan motivasi dan suntikan semangat pada sesi UAS. Siswa akan jauh lebih semangat untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi lagi.

Semangat belajar!

(Qi)

Add Comment