Keistimewaan Bulan Rajab

Benda M2net- Pengurus pusat pon.pen Alhikmah 2 Benda Mewajibkan seluruh santi untuk berpuasa di bulan rajab. Pengurus mengumumkan bahwa setiap santri diharuskan berpuasa besok(03/28) juga himbauan untuk seluruh pedagang di area lingkungan Pon.Pes Alhikmah 2 untuk tidak berjualan besok.

Seperti biasa setiap tahun Pon.Pes alhikmah 2 mewajibkan setiap santrinya untuk berpuasa pada tanggal 1-3 Rajab, namun baru tahun ini pengurus pusat mewajibkan seluruhsantri untuk berpuasa pada tanggal 11 Rajab. Kaerena bulan rajab memiliki banyak keistimewaan-keistmewaan yang salah satunya adalah puasa. puasa merupakan ibadah yang ttidak asing lagi di kalangan santri, apalagi santri yang menjadikan puasa sebagai tirakat.

Di sini akan dijelaskan sedikit mengenai keistimewaan bulan rajab. Rajab berasal dari kata tarjib yang artinya ‘terhormat’.Tak heran jika setip muslim segera mengharapkan kedatangan bulan yang satu ini. berkut salah satu keistimewaan bulan Rajab. Bulan Rajab adalah Bulan Haram

Seperti fiman Allah dalam QS. At-Taubah: 36

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِين

Artinya:

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

Sehingga arti dari bulan haram adalah haram untuk salin menyakiti dan saling mmenumpahkan darah. Selain itu bulan itu juga harus bersih dari perbuatan  dosa, karena dosa saat itu jauh lebbih besar. dan pahala ketika beramal sholeh pada bulan itu juga lebih besar daripada bulan-bulan yang lain,kecuali bulan Ramadhan.

seperti kutipan dari Ibnu Abbas dan Ibnu Katsir “Sesungguhnya mengerjakan perbuatan dzalim di bulan-bulan haram itu dosa dan sanksinya lebih besar dibanding bulan-bulan lain”

(IM)

Tags:

Add Comment