Adat Istiadat Santri

Benda, M2net- Adat istiadat dan mungkin bisa disebut kebiasan sanrti di pondok pesantren al hikmah 2 pasti ada yang namanya Bustelan. Bustelan sendiri adalah orang tua atau wali santri yang bermaksud ingin menjenguk atau melihat anaknya yang di pondok untuk melepaskan rindu. Bustelan biasanya hari jum’at dan diawal-awal bulan seperti tanggal 1-7 awal bulan. Bustelan biasanya ada yang rombongan dan ada juga yang hanya 2 atau 3 orang. Bukan hanya wali santri, saudarapun yang memiliki hubungan kekeluargaan adpat bustelan.

Bustelan biasanya bertempat di masjid An-Nur, GOR Al hikmah, Gedung Aliyah, dan ada juga yang bertempat di Komplek. Wali santri biasanya menjenguk dari pagi hingga sore hari. Wali santri juga ada yang membawa makanan, minuman, dan peralatan yang dibutuhkan oleh anaknya. Bustelan dapat membuat semua santi merasa bahagia karena dengan bustelan mereka dapat bertemu dengan keluarga yang mereka sayangi dan yang dirindukan.

Bustelan tidak dapat disembarang hari, ada saatnya seperti jam pelajaran sekolah tidak di perbolehkan untuk bustelan. Oleh karena itu, wali santri harus menunggu anaknya pulang dari sekolah dan bustelan akan sangat ramai saat hari- hari bebas atau pada saat anak anaknya libur sekolah. Untuk memanggil anaknya agar bustelan biasanya wali santri melapor di kantor pondok untuk panggilan suara agar anaknya mendatangi orangtuanya.

(LAF)

Add Comment