Bahaya Tidur Pada Pagi Hari Menurut Islam dan Medis

Benda,M2Net-Santri memang identik dengan banyak hal, ada yang mengatakan bahwa santri itu identik dengan mengaji kitab, sholat berjamaah, ataupun mendengarkan pengajian. Namun ada juga lho hal unik yang cukup identik dengan santri yaitu tidur.

Ya tidur terutama tidur pagi memang merupakan hal yang cukup lumrah di kalangan para santri, tapi di balik kenikmatan tidur pagi ada lho beberapa dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh kebiasan ini baik dari segi islami maupun medis.

Di lansir dari http://fimadani.com/bahaya-tidur-pagi/ bahwa tidur pagi merupakan hal yang paling dibenci oleh orang orang sholih terdahulu, ibnu qayim mengatakan “empat hal yang dapat menghambat datangnya rezeki ialah tidur di waktu pagi, sedikit sholat, bermalasan-malsan dan berkhianat.” (Zaadul Ma’ad, 4/222).

Tidur pagi yang dimaksud adalah tidur pada saat selesai shalat shubuh sampai terbitnya matahari.

Hal ini di sebabkan karena menurut para salaf waktu pagi merupakan waktu untuk menunaikan amalan  ghanimah (pahala yang berlipat ganda). Jadi waktu pagi itu seharusnya di manfaatkan untuk kegiatan kegiatan yang bermanfaat dan tidak di anjurkan untuk bermalas malasan seperti tidur pagi.

Di lansir juga dari http://alodokter.com/ini-bahaya-tidur-pagi-yang-bisa-sebabkan-gangguan-medis bahwa tidur pagi bisa berdampak  buruk bagi kesehatan seperti diabetes, obesitas, sakit kepala, dan depresi.

Sudah sewajarnya sebagai santri yang baik kita harus mengatur waktu tidur kita agar kita bisa terhindar dari  segala dampak buruk tidur pagi seperti yang disebutkan diatas, walaupun kegiatan kita sebagai santri  sangat  padat namun kita tetap harus memanfaatkan waktu pagi kita dengan baik seperti membaca Al-Quran ataupun belajar agar kita dapat mendapatkan pahala yang berlimpah.

(AKL)

Add Comment