Bullying Di Lingkungan Sekolah Dan Pondok

Benda,M2Net-Masa sekolah memang identik dengan banyak hal , mulai dari hal yang positif sampai yang negatif, salah satu hal yang  identik dengan masa sekolah adalah bullying, ya bullying memang telah menyebar  bak  jamur dimusim hujan, hampir setiap tahun terjadi kasus bullying di sekolah sekolah  Indonesia bahkan dunia.

Di lingkungan Pondok Pesantren pun kasus bullying kerap terjadi, hal ini dibuktikan dengan banyaknya santri yang keluar dari Pondok Pesantren (boyong) karena tidak kuat dengan  penindasan yang dilakukan  teman sekamar baik penindasan secara verbal maupun fisik.

Menurut Wikipedia penindasan atau bullying adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain. Hal ini dapat mencangkup pelecehan secara lisan atau ancaman, kekerasan fisik atau paksaan dan dapat diarahkan berulang kali terhadap korban tertentu, mungkin  atas dasar ras, agama, gender, seksualitas atau kemampuan  (http:id.wikipedia.org/wiki/Penindasan )

Sedangan penyebab bullying antara lain:

-Terdapat rasa ingin berkuasa

-Akibat kurang perhatian orang sekitar

-Pelaku pernah menjadi korban kekerasan

-Akibat sering berkelahi

-Meniru perbuatan kekerasan dari film atau game

-dll

Sedangkan dilihat dari jenisnya bullying dapat dibagi menjadi  4 jenis antara lain:

-Bullying Secara Verbal

Berupa ejekan , celaan, fitnah, kritikan pedas, penghinaan, terror, gossip, dan lain sebagainya.

– Bullying Secara Fisik

Berupa tindakan memukuli, menampar, mencekik, menggigit, merusak serta  menghancurkan barang milik orang yang ditindas.

-Bullying Secara Relasional

Berupa tindakan pelemahan harga diri korban secara sistematis melalui pengabaian, pengucilan atau penghindaran

-Bullying Secara Elektronik

Berupa Perbuatan yang dilaukan dengan cara memanfaatkan alat elektronik dan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dll.

Bullying pun dapat menyebabkan banyak dampak negatif seperti menimbulakn masalah mental, mengalami keluhan fisik, merasa tidak aman dan nyaman dilingkungan sekolah, mengurangi semangat belajar dan bahkan prestasi menurun, depresi dll.

Namun walau memiliki banyak dampak negatif, bullying juga punya memiliki beberapa dampak positif seperti  menyebabkan korban lebih kuat dan tegar dalam menghadapi masalah, lebih termotivasi untuk menunjukan potensi supaya tidak direndahkan lagi dan termotivasi untuk melakukan intropeksi diri.

Dan ada banyak juga tokoh tokoh  sukses didunia yang pernah mengalami  bullying pada masa sekolahnya namun dapat mengubahnya menjadi sebuah motivasi seperti Mark zuckerberg, Einstein,

Sebagai seorang pelajar yang baik kita harus bisa menghargai sesama teman dengan tidak mengejek kekurangannya baik kekurangan secara fisik maupun verbal, dan sebagai korban bullying kita harus tegar dan berusaha mengubah ejekan ejekan yang kita terima menjadi moticvasi dan menunjukan potensi kita supaya kita tidak direndahkan oleh orang lain.

(AKL)

 

 

 

Add Comment