“Earth Hour” Upaya Menjaga Bumi Dalam 60 Menit

Benda,M2Net – Dunia akan mengadakan kegiatan Earth Hour (Jam Bumi) pada Sabtu (30/3) pukul 20:30 sampai 21:30 waktu setempat di 7000 kota besar di seluruh dunia termasuk Jakarta.

Kampanye Earth Hour merupakan sebuah  kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya.

Kegiatan ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim.

Manfaat kegiatan ini begitu banyak karena bisa menghemat pengunaan energi listrik bayangkan saja jika 10% warga Jakarta saja melakukan penghematan listrik saat Earth Hour, energi yang dihemat bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di 900 desa dan menyediakan oksigen bagi 534 orang.

Dan itu baru Jakarta, bayangkan jika 10% warga di 7000 kota besar di seluruh dunia melakukan penghematan  saat Earth Hour entah berapa besar enegi listrik yang dapat dihemat dan dapat menyediakan oksigen bersih bagi jutaan manusia.

Dalam 60 menit  momen yang kita dedikasikan kepada bumi untuk bernapas sejenak dari tekanan-tekanan yang ditanggungnya akibat aktivitas manusia. Hal kecil dan sederhana, jika dilakukan secara bersama-sama, maka akan besar manfaatnya.

(AKL)

Add Comment