Sekantong Darah Untuk Yang Membutuhkan

Benda,M2NET-Malhikdua bersama UTD (Unit Tranfusi Darah) PMI Brebes (9/4) mengadakan kegiatan donor darah untuk menompang stok darah di lingkungan Brebes, kegiatan ini diikuti oleh siswa siswi Malhikdua yang berusia 17 tahun keatas.

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh malhikdua dibantu oleh Organisasi GALAXY (Gerakan ipa sejati).

Selain sudah berumur 17 tahun ke atas para siswa siswi juga harus mengisi riwayat kesehatan yang disediakan petugas serta harus memiliki berat badan minimal 45 kg dan tekanan darah baik yaitu sistole = 110-160 mmHg, diastole = 70-100 mmHg.

Pengambilan darah pun hanya berlangsung selama 5-10 menit per pendonor dan tiap pendonor menyumbang sekitar 350 ml darah.

Para peserta yang mengikuti donor darah pun diberi snack berupa susu,wafer dan jus kacang hijau, para peserta pun mengaku senang karena mereka dapat membantu orang orang yang membutuhkan donor darah mereka.

Donor darah sendiri merupakan  proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk tranfusi darah, terdapat dua jenis donor darah, yaitu donor darah pengganti, dan donor darah langsung.

 

(AKL)

 

Add Comment