7 ALASAN STUDI DI MALHIKDUA

Madrasah Aliyah Al Hikmah 2 atau terkenal dengan MALHIKDUA merupakan salah satu sekolah/madrasah tingkat SLTA berbasis pesantren yang berada di bawah yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Brebes. Sudah 15 tahun terakhir Malhikdua menjadi sekolah unggulan di Al Hikmah 2 yang paling banyak diminati pendaftar santri. Setiap tahunnya jumlah peminatnya terus meningkat hingga 400-an pendaftar. Hingga kini ada sekitar 1.300 peserta didik aktif yang terdiri dari kelas KP (Kelas Persiapan) bagi program MAK, dan kelas X, XI dan XII.

Berikut merupakan alasan MALHIKDUA menjadi salah satu pilihan terbaik untuk studi.

1. Akreditasi A BAN-SM

Saat ini berstatus akreditasi A yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah atau BAN-SM. Pertengahan tahun 2019 lalu baru saja diperbarui dan masih menyandang sebagai sekolah berakreditasi A. Beberapa indikator pencapaian sebagai sekolah Akreditasi A di antaranya: profil pengajaran yang bagus, fasilitas yang mendukung, SDM yang mumpuni, kegiatan kesiswaan serta pencapaian alumni.

2. Berada di Lingkungan Pesantren

Mungkin kamu sering mendengar bahwa lingkungan sangat berpengaruh dalam proses perkembangan diri. MALHIKDUA berada di lingkungan pesantren, yaitu di bawah naungan Yayasan Pesantren Al Hikmah 2 dengan luas kurang lebih 10 hektar. Sistem asrama atau boarding didukung juga dengan pendidkan pesantren yang menunjang pendidikan agama atau kepesantrenan. Sudah jelas, nilai-nilai keagamaan juga diajarkan sekaligus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pergaulan juga jadi lebih terkontrol sehingga para orang tua tidak perlu khawatir anak-anaknya akan terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

3. Kurikulum Berbasis Keterampilan dan Kompetensi

Sebelum pemerintah memberlakukan kurikulum 2013 dengan mengedepankan aspek keterampilan, MALHIKDUA sudah sejak awal berdiri memberlakukan sistem tersebut. Selain menganut kurikulum dari Kemendikbud maupun Kemenag, MALHIKDUA menerapkan sistem belajar keterampilan di mana para siswa wajib memilih satu spesifikasi keterampilan, di antaranya yaitu: Bahasa Inggris, Tata Busana, Perikanan, Pengelasan, Administrasi Perkantoran, Teknik Komputer Jaringan, Desain Komunikasi Visual. Jadi sekolah di MALHIKDUA tidak hanya menuntut ilmu akademik maupun agama tapi juga diajarkan memiliki keterampilan yang bisa bermanfaat di tengah masyarakat kelak.

4. Pilihan Program yang Menarik

MALHIKDUA menyediakan beberapa program belajar sesuai minat dan bakat siswa. Hal ini bertujuan agar para siswa lebih fokus dalam memperdalam ilmu yang diminati. Penjurusan dilakukan sejak tahun pertama. Program yang ditawarkan di antaranya: MAK (Madrasah Aliyah Keagamaan), IPA Imersi (Kelas Olimpiade), dan MAT (Madrasah Aliyah Terpadu). Program ini disesuaikan dengan kebutuhan sekaligus minat bakat siswa. Sehingga siswa bisa lebih fokus dalam mendalami ilmu.

5.  Bisa Kuliah di Timur Tengah

Jika kamu ingin punya pengalaman kuliah di negara-negara Timur Tengah, MALHIKDUA bisa menjadi salah satu pilihan tepat karena menyediakan pilihan program yaitu MAK. Program tersebut memungkinkan kamu memiliki kesempatan lebih melanjutkan studi di kampus timur tengah seperti di Maroko, Yaman, Mesir, dll. Keilmuan maupun serta bahasa yang diajarkan sudah dipersiapkan sejak di MALHIKDUA. Pilihan beasiswa dan kerjasama pun tersedia.

6. Berkesempatan ikut Olimpiade

Bagi kamu yang punya mimpi memenangkan medali emas olimpiade, berminat dengan sains teknologi, atau ingin melanjutkan ke kampus-kampus terbiak di Indonesia, kamu bisa memilih kelas IPA Imersi. Di kelas tersebut kamu digembleng untuk bisa bersaing dengan sekolah-sekolah lain di Indonesia dalam kompetesi sains nasional. Para alumni IPA Imersi pun sudah banyak tersebar di kampus-kampus favorit dalam negeri seperti UGM, UI, UNPAD, IPB, UNDIP, UNNES, dan lain-lain. Meskipun kamu hidup di pesantren, kamu tetap bisa bersaing di bidang umum dengan teman-temanmu dari sekolah lain.

7. Tawaran Study Banding ke Luar Negri

Selain bisa melanjutkan studi ke luar negri khususnya di Timur Tengah, MALHIKDUA juga memiliki program tahunan yaitu studi banding ke negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand bahkan Turki. Program ini tidak wajib, namun disediakan setiap tahunnya bagi yang berminat. Kamu bisa belajar budaya langsung di negara-negara tersebut, dan mempelajari sesuatu yang menarik di sana secara langsung.

Masih penasaran dengan apa saja yang bisa kamu dapatkan di MALHIKDUA? Yuk kepoin lagi di website resmi kami. Klik di sini yaa atau bisa cari info pendaftarannya langsung di sini. Selamat bergabung bersama kami!

MALHIKDUA JOIN US BE THE BEST!