PROFIL SEKOLAH DAN VISI MISI

Madrasah Aliyah Al Hikmah 2 Benda, Sirampog Ka­bupaten Brebes masih bisa eksis di tengah masyarakat dengan varian kegiatan yang dimi­nati siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya peminat yang masuk ke MA Al Hikmah 2 Benda. Varian kegiatan ini antara lain kegiatan pen­ingkatan mutu siswa untuk memperoleh kemampuan akademik yang baik, pengembangan bakat minat, dan keterampilan siswa dalam bidang agama maupun bidang sains dan sosial. Dalam bidang agama, Madrasah Aliyah Al Hikmah 2 atau yang selanjutnya dikenal sebagai Malhikdua, juga memiliki kegiatan pengajian kitab kuning (Fathul Qarib) yang kemampuan siswanya diukur dengan munaqasah di depan majlis penguji (ustadz dan kyai). Di tambah dengan pengembangan keterampilan pengembangan kegiatan sekolah dengan 6 (enam) spesifikasi: Tatabusana, Perikanan, Pengelasan, dan Bahasa Inggris, Administrasi Perkantora, Desain Komunikasi Visual, dan Teknik Komputer Jaringan. Program ini telah menjadi unsur ini yang paling menarik dari Malhikdua. Program keterampilan ini juga sudah setara dengan D1.

Pada awal pengembangannya, Malhikdua adalah Madrasah Aliyah sebagaimana pada umumnya yang berlandaskan Kurikulum Standar Nasional (kurikulum dari Kementerian Agama RI) tanpa modifikasi. Hasilnya dapat ditebak, animo masyarakat untuk menyekolahkan ke Malhikdua masih sangat rendah. Maka pada tahun 1993 MA Al Hikmah 2 berbenah diri dengan melakukan perom­bakan besar­besaran pada model kurikulumnya. Perombakan tersebut salah satunya dengan memunculkan:

a) Penjurusan IPA, IPS, Keagamaan di kelas 1

b) Siswa MA Al Hikmah 2 wajib mengkuti kegiatan ekstrakurikuler terstruktur (Keterampilan) yang meliputi keterampilan Komputer, Bahasa Inggris, Kitab Turats.

c) Membuka program Madrasah Aliyah Keagamaan dengan masa belajar 4 tahun.

Perubahan ini cukup ampuh untuk menarik mi­nat siswa baru bersekolah di Malhikdua. Tercatat mulai tahun pelajaran 1998/1999 jumlah pendaftar ke Malhikdua meningkat 400%, dan kondisi seperti ini bertahan hingga sekarang. Terbukti pada tahun pelajaran 2012/2013 jumlah siswa MA Al Hikmah 2 sudah mencapai 1452 siswa dan terus meningkat hingga sekarang.

Disadari atau tidak daya tarik Malhikdua jutru terletak pada penyimpangan kurikulum­nya yaitu sekolah umum yang mengembangkan program kurikulum profesi yakni kurikulum keterampilan. Bentuk penyimpangan ini setahap demi setahap mu­lai diminimalisir agar jatidiri Malhikdua bisa setara dengan sekolah­sekolah umum yang unggul pada prestasi akademiknya maupun unggul dalam program keterampilanya. Menyadari hal tersebut maka mulai tahun pelajaran 2008/2009 MA Al Hikmah 2 membuka program unggulan kelas IPA (Imersi) dengan harapan terjadi peningkatan mutu lulusan yang signifikan pada kompetensi sains dan teknologi. Tentu untuk mewujudkan impian menjadi sekolah yang sejajar dengan sekolah­-sekolah unggulan. Malhikdua harus berbenah kembali, melakukan “Reinkarnasi” jilid 2, melakukan modifikasi-modifikasi kurikukulumnya kembali, melengkapi fasilitas­-fasilitas pendukungnya, meningkatkan kompetensi guru pen­gajarnya. Salah satu komponen fasilitas pendukung dalam peningkatan mutu siswanya adalah pengadaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam. Laboratorium ini berperan cukup signifikan dalam memompa dan mendorong penajaman kompetensi siswa terutama kompetensi dalam bidang sains dan teknologi.

A. VISI

Unggul dalam prestasi, kokoh beragama dan trampil dalam hidup.

B. MISI

Menyiapkan siswa yang bermutu, berwawasan imtak dan imtek serta siap mandiri di masayarakat melalui peningkatan mutu tenaga pendidikan yang berdedikasi tinggi, pengembangan kurikulum, opti­ malisasi fasilitas, sistem pelayanan yang profesional, penggalian serta pengelolaan sumber dana secara maksimal dan proporsional sehingga mampu bersaing pada millennium III.