PROFIL SEKOLAH DAN VISI MISI

Segala puji bagi Allah SWT, karena berkat limpahan rahmat, taufiq dan hidayahNya semata, Madrasah Aliyah Al Hikmah 2 Benda Sirampog Ka­ bupaten Brebes pada tahun 2013 masih bisa eksis di tengah masyarakat dengan varian kegiatan yang dimi­ nati siswa; hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya peminat yang masuk ke MA Al Hikmah 2 Benda. Varian kegiatan ini antara lain kegiatan pen­ ingkatan mutu siswa untuk memperoleh Nilai Ujian Nasional yang baik. Kegiatan pengajian kitab kuning (Fathul Qarib) yang kemampuan siswanya di ukur dengan munaqasah di depan majlis penguji (ustadz dan kyai). Disamping itu (dan unsur ini yang menjadi daya tarik) Madrasah kami melakukan pengembangan kegiatan sekolah dengan 6 (enam) kegiat an keterampi­ lan yang setiap siswa harus mengikuti salah satu jenis keterampilan tersebut. Keenam jenis keterampilan itu adalah keterampilan komputer setara D1, Tatabusana, Perikanan, Pengelasan, dan Bahasa Inggris.

Pada awal pengembangannya, MA Al Hikmah 2 adalah MA sebagaimana pada umumnya ; Kurikulum standar nasional (kurikulum dari Kementerian Agama RI) tanpa modifikasi. Hasilnya dapat ditebak, animo masyarakat untuk menyekolahkan ke MA Al Hikmah 2 masih sangat rendah. Maka pada tahun 1993 MA Al Hikmah 2 berbenah diri dengan melakukan perom­

bakan besar­besaran pada model kurikulumnya ; salah satunya dengan memunculkan; a) Penjurusan IPA, IPS, Keagamaan di kelas 1, b) Siswa MA Al Hikmah 2 wajib mengkuti kegiatan ekstrakurikuler terstruktur (Keterampilan) yang meliputi keterampilan komputer, Bahasa Inggris, Kitab Turats. c) Membuka program Madrasah Aliyah Keagamaan dengan masa belajar 4 tahun. Perubahan ini cukup ampuh untuk menarik mi­ nat siswa baru bersekolah di MA Al hikmah 2. Tercatat mulai tahun pelajaran 1998/1999 jumlah pendaftar ke MA Al Hikmah 2 meningkat 400%, dan kondisi seperti ini bertahan hingga sekarang. Terbukti pada tahun pelajaran 2012/2013 jumlah siswa MA Al Hikmah 2 sudah mencapai 1452 siswa.

Disadari atau tidak daya tarik MA Al Hikmah 2 terletak pada (baca: justru) penyimpangan kurikulum­ nya: Sekolah umum tetapi mengembangkan program kurikulum Profesi yakni kurikulum keterampilan. Bentuk penyimpangan ini setahap demi setahap mu­ lai diminimalisir agar jatidiri MA Al Hikmah 2 bisa setara dengan sekolah­sekolah umum yang unggul pada prestasi akademiknya; bukan hanya semata­mata unggul dalam program keterampilanya. Menyadari hal tersebut maka mulai tahun pelajaran 2008/2009 MA Al Hikmah 2 membuka program unggulan kelas IPA (baca Emersi) dengan harapan terjadi peningkatan mutu lulusan yang signifikan pada kompetensi sains dan teknologi. Tentu untuk mewujudkan impian menjadi sekolah yang sejajar dengan sekolah­sekolah unggulan, MA Al Hikmah 2 harus berbenah kembali, melakukan “Reinkarnasi” jilid 2, melakukan modifikasi-modifikasi kurikukulumnya kembali, melengkapi fasilitas­fasilitas pendukungnya, meningkatkan kompetensi guru pen­ gajarnya. Salah satu komponen fasilitas pendukung dalam peningkatan mutu siswanya adalah pengadaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam. Laboratorium ini sungguh memiliki peran cukup signifikan dalam memompa dan mendorong penajaman kompetensi siswa terutama kompetensi dalam bidang sains dan teknologi.

A. VISI

Unggul dalam prestasi, kokoh beragama dan trampil dalam hidup

B. MISI

Menyiapkan siswa yang bermutu, berwawasan imtak dan imtek serta siap mandiri di masayarakat melalui peningkatan mutu tenaga pendidikan yang berdedikasi tinggi, pengembangan kurikulum, opti­ malisasi fasilitas, sistem pelayanan yang profesional, penggalian serta pengelolaan sumber dana secara maksimal dan proporsional sehingga mampu bersaing pada millennium III