SEJARAH SEKOLAH

MA Al Hikmah 2 berdiri sejak tahun 1990, dengan dua jurusan A1 (Ilmu­-Ilmu Agama) dan A3 (Ilmu-ilmu Sosial), seiring dengan tuntutan masyarakat terhadap peningkatan mutu pendidikan, maka pada tahun 1993, MA Al Hikmah 2 masuk jajaran sekolah terakre­ditasi dengan status diakui, Tahun 1994/1995 muncul perubahan kebijakan pendidikan secara nasional yang salah satu poinnya berbunyi bahwa MA adalah bukan sekolah agama, tetapi sekolah menengah umum (SMU) yang berciri khas kegamaan, dan jurusan yang dibuka adalah jurusan Ilmu­ilmu Alam, Ilmu-­ilmu Sosial, dan jurusan Bahasa.

Menyiasati kebijakan tersebut, maka MA Al Hikmah 2 pada tahun itu membuka Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) atau MA program Khusus, dengan program penekanan penguasaan agama, dan bahasa (Inggris dan Arab). Menyadari siswa MA harus memi­liki ketrampilan hidup, Tahun 1996, MA Al Hikmah 2 membuka program keterampilan Komputer setara D1 dengan payung hukum LPK (Lembaga Pendidikan Keterampilan ) di bawah pengawasan Dinas Tenaga kerja dan transmigrasi.

Upaya terus ­menerus dilakukan untuk menjadi “sekolah kelas satu” bukan sekolah kelas dua sesuai dengan image yang berkembang di masyarakat. Maka pada tahun 1999/2000 MA Al Hikmah 2 terakrediatsi menjadi berstatus disamakan.

Pengembangan program yang sudah dilakukan oleh MA Al Hikmah 2 adalah sebagai berikut :

1. Memodifikasi kurikulum sesuai tuntutan pasar (user).

2. Membuka jurusan (IPA, IPS, Keagamaan) mulai kelas satu dengan pertimbanagn memperingan beban siswa .

3. Megakomodasi siswa ke dalam tiga kemampuan belajar :

a. Menguasai pelajaran kurikuler (kurikulum reg­ uler)

b. Memahami kitab kuning dengan stressing pada pengalaman beragama

c. Mengemabangkan salah satu keterampilan (life skill education)

4. Membuka 6 Program keterampilan yang meliputi:

a. Program keterampilan Komputer setara D1

b. Program keterampilan tatabusana

c. Program keterampilan Pertanian Berbasis Peri­ kanan

d. Program keterampilan Pengelasan

e. Program keterampilan Bahasa Inggris

f. Program keterampilan Kitab Turats

5. Mengubah masa pembelajaran program Madrasah Aliyah Keagamaan menjadi 4 tahun masa pem­ belajaran dengan stressing penguasaan bahasa Ing- gris dan bahasa Arab.

6. Sebagai upaya memepertajam kemampuan ber­ keterampilan siswa maka sekolah melaksanakan program PKL (Praktek Kerja Lapangan) sesuai dengan jenis keterampilan pada tingkat II.

7. Mengembangkan jalinan kerja sama dengan berb­agai instansi