ORGANISASI

1. OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)

Adalah sebuah organisasi yang mengatur dan melaksanakan semua kegiatan kesiswaan baik dalam bidang akademis ataupun non­akademis atau yang disebut dengang Soft Skil meliputi leadership, minat bakat, kretivitas dan sebagainya. OSIS merupakan ujung tombak bagi Malhikdua, karena semua kegiatan kesiswaan yang berlangsung di Malhikdua di bawah naungan OSIS. Disamping itu juga, OSIS berperan ak­ tif dalam pembinaan siswa dalam bidang ketertiban, kebersihan, keamanan, bahkan kenyamanan siswa.

Kegiatan OSIS:

Jangka pendek:

  1. Pengontrolan ketertiban seragam, kehadiran siswa. Kegiatan ini dilakukan setiap hari dengan tujuan membantu BP dalam merealisasikan ketertiban dan kedisiplinan siswa malhikdua.
  2. Malhikdua bersih: kegiatan ini dilakukan setiap hari dimana setiap siswa sebelum masuk ke kelas wajib mengambil dan membuang sampah pada tempat­nya. Kegiatan ini bertujuan untuk merealisasikan program malhikdua bersih.
  3. Latihan marawis setiap 3 kali seminggu.
  4. Latihan grup teater setiap Jum’at.
  5. Latihan seni budaya Indonesia setiap Jum’at.
  6. Pelatihan keolahragaan (basket, volly. Futsal, takraw, badminton dan tennis meja) yang dilakukan setiap Jum’at.

Jangka panjang:

  1. Diskusi: diskusi ini dilakikan setiap bulan dan diikuti oleh seluruh SUB OSIS dengan tujuan mengevaluasi seluruh program yang dilaksanakan masing masing sub.
  2. Pembuatan mading dilakukan setiap bulan sekali. 3. Seminar: kegiatan ini dilakukan setiap tahun oleh
  3. KAPA Narkoba (Kesatuan Aksi Pelajar Anti Nar­ koba)
  4. Expo kampus: kegiatan ini berupa sosialisasi Uni­versitas yang ada di Indonesia.
  5. Pameran SUB: kegiatan ini dilaksanakan di awal tahun pelajaran berupa bazar.
  6. Baksos: kegiatan bakti sosial ini berupa santunan kepada anak yatim piatu.
  7. Training Motivasi: kegiatan ini dilakukan setiap bulan dan diisi oleh guru motivator.
  8. Pertandingan persahabatan (Sparing Olahraga). Kegiatan ini dilakukan setiap bulan dengan men­untuk membangun dan mengembangkan kompetensi siswa dalam berbahasa Inggris.

Kegiatan EDS:

  1. Citation (hafalan vocabularies dan conversation): kegiatan ini dilakukan setiap hari di asrama siswa, bertujuan untuk melancarkan percakapan berba­ hasa inggris.
  2. Meeting (berpidato, drama, game): kegiatan ini dilakukan setiap malam selasa berupa pidato, ber­ cerita, game, dan drama. Bertujuan untuk melatih mental dan menggembangkan bakat siswa.
  3. Punishment (hukuman bagi pelanggar bahasa): kegiatan ini dilakukan setiap hari selasa di halaman sekolah. Berupa berpidato di depan seluruh siswa agar siswa yang melanggar peraturan maupun kegiatan di EDS tidak mengulanginya lagi.
  4. HP (Holiday programme) kegiatan ini dilakukan setiap liburan tengah semester untuk mengevaluasi kegiatan selama di asrama ataupun di sekolah.
  5. SOP (School Outing programme)adalah kegiatan tahunan dimana siswa program keagamaan, IPA unggulan, IPA Reguler dan IPS yang memilih spe­ sifikasi bahasa inggris wajib mempraktikan skill berbahasa inggris mereka dengan native speaker di daerah pariwisata seperti Yogyakarta.
  6. Study banding: kegiatan ini dilakukan setiap akhir tahun berupa kunjungan ke bebrapa madrasah di ASIA Tenggara seperti Malaysia, Thailand dan Singapura. Kegiatan ini bertujuan bertukan infor­ masi dan pengetahuan seputar kegiatan di sekolah ataupun di asrama.

3) OASIS (Organisasi Aktif Siswa)

Merupakan wadah pengembangan diri siswa dalam bidang ilmu­ilmu sosial. Organisasi ini diikuti oleh siswa program IPS.

Kegiatan OASIS

  1. Apel pagi setiap hari selasa dimana anggota OASIS diberikan motivasi rutin dan game oleh pembina OASIS. Kegiatan ini bertujuan memupuk keber­ samaan antar anggota OASIS dan pembina serta sebagai penyemangat siswa.
  2. Study club: belajar kelompok yang rutin dilakukan di hari Jum’at. Anggota dibentuk ke beberapa ke­ lompok, setiap kelompok terdiri dari kelas 1 dan 2. Bertujuan untuk muroja’ah / mengulang pelajaran yang ada di sekolah.
  3. Pembuatan media pembelajaran. Kegiatan ini ber­ tujuan untuk menunjang kegiatan belajar di sekolah dan menumbuhkan kreatifitas siswa.
  4. Out bond:kegiatan ini diadakan 4 bulan sekali. Ber­ tujuan untuk refreshing dan memupuk kerjasama team.
  5. Exhibition: kegiatan ini dilakukan setiap akhir ta­hun untuk tampil siswa di depan umum.
  6. Debat: kegiatan ini dilakukan setiap malam selasa. Dimana siswa dilatih untuk berargumen mengenai suatu topik.
  7. Membaca kitab: kegiatan ini dilakukan setiap malam menjelang tidur, dimana siswa baru dibina oleh senior dalam membaca kitab.
  8. Daimul wudlu (suci setiap saat). Setiap siswa wajib dalam keadaan suci sepanjang hari.
  9. Qiyamullail.
  10. Balong ceremony, kegiatan ini berupa character building yang dilakukan setiap minggu oleh guru motivator.

Kegiatan jangka panjang (bulanan, tahunan)

  1. Hafalan Hadits, kegiatan ini dilakukan setiap 6 bu­ lan sekali. Siswa program keagamaan di wajibkan menghafal hadits arba’in nawawi.
  2. class meeting: kegiatan ini dilakukan setiap akhir tahun. Pengurus KSPD mengadakan perlombaan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa Malhik dua program keagamaan, perlombaan yang di wajibkan meliputi, yel yel, pidato, telling story, reading poetry, cerdas cermat, baca kitab, menghafal Al Qur ’an dll. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi semua kegiatan yang ada di Malhik 2 program keagamaan baik di sekolah maupun di asrama.
  3. TP (Teaching Programme) kegiatan ini dilakukan akhir tahun pelajaran. Siswa kelas persiapan dan kelas 2 wajib mengukuti kegiatan TP (teaching programme) yaitu mengajar dan mengadakan keg­ iatan bakti sosial di daerah daerah tertentu, dengan tujuan melatih mental siswa untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kehidupan dan masyara­ kat nyata.
  4. Rihlah, tadabbur alam.
  5. Praktik ibadah; qurban, I’tikaf di bulan ramadhan.
  6. SOP (School Outing Programme) adalah kegiatan tahunan dimana siswa program keagamaan, IPA unggulan, IPA Reguler dan IPS yang memilih spe­ sifikasi bahasa inggris wajib mempraktikan skill berbahasa inggris mereka dengan native speaker di daerah pariwisata seperti Yogyakarta.
  7. Study banding: kegiatan ini dilakukan setiap akhir tahun berupa kunjungan ke bebrapa madrasah di ASIA Tenggara seperti Malaysia, Thailand dan Singapura. Kegiatan ini bertujuan bertukan infor­ masi dan pengetahuan seputar kegiatan di sekolah ataupun di asrama.

2) EDS (English Departement Student)

EDS merupakan wadah penggembangan diri siswa dalam keterampilan berbahasa Inggris tulis mau­ pun lisan. Organisasi ini diikuti oleh siswa spesifikasi bahasa Inggris program IPA reguler dan IPS, bertujuan hari.

  • Daimul wudlu (suci setiap saat). Setiap siswa wajib dalam keadaan suci sepanjang hari.
  • Kedai amanah; Membuat warung kejujuran.
  • Balong ceremony, kegiatan ini berupa character building yang dilakukan setiap minggu oleh guru motivator.
  • Diskusi dengan sains dan teknologi kontemporer. 9. Kajian sains dalam al­quran kegiatan ini dilakukan

setiap minggu.

  1. Debat bilingual; Inggris­Indonesia
  2. Bulan kreativitas siswa; drama, bedah film, majalah dinding, quiz
  3. Mabit (Malam bina iman dan taqwa)
  4. Study Lab, kunjungan laboratorium sains PTN di Indonesia dilakukan setiap satu tahun sekali.
  5. Rihlah, tadabbur alam.
  6. Kartini day (cooking, sing traditional song, speech) 16. Out bond at holiday.
  7. Eksperimen sains (Praktikum)
  8. Praktik ibadah; qurban, I’tikaf di bulan ramadhan.

5) SAKURA (Satuan Khusus Paskibra dan Pramuka) Merupakan wadah pengembangan diri siswa

malhikdua dalam bidang baris berbaris dan pramuka. Organisasi ini diperuntukan bagi semua siswa Malhik­ dua tanpa kecuali.

Kegiatan SAKURA:

  1. Mengadakan pelatihan baris berbaris dan kedis­ iplinan bersama dengan tentara Brebes.
  2. Mengadakan pertunjukan paskibra di acara haflah kubro PonPes Al Hikmah 2 yaitu perayaan ulang tahun ponpes Al Hikmah 2.
  3. Mengadakan kegiatan watching gerakan paskibra dan pameran yang telah dilakukan oleh SAKURA, dengan tujuan menambah informasi gerakan baris berbaris bagi CAPAS.
  4. Mengikuti kemah pelantikan Bantara
  5. Mengikuti kemah Karya Bhakti Penegak (KKBP) 6. Mengadakan upacara bendera rutin.
  6. Mengadakan kegiatan bimbingan materi paskibra dan pramuka.
  7. Mengadakan evaluasi antar anggota dan CAPAS (Calon Paskibra)

6) M2Net

Merupakan wadah penggembangan diri siswa dalam bidang jurnalistik. Seluruh siswa Malhik Dua dari semua program bisa bergabung dan menjadi anggota M2Net.

Kegiatan M2Net

  1. Mengelola Web Malhikdua.
  2. Meliput semua berita baik di lingkungan sekolah ataupun pondok.

hun. Berupa pameran hasil kreatifitas siswa seperti media pembelajaran dll.

  • Membuat mading OASIS: kegiatan ini dilakukan setiap bulan. Bertujuan untuk menambah informasi dan merupakan wadah kreatifitas siswa.
  • Class meeting OASIS: kegiatan ini dilakukan setiap liburan semester. Bertujuan untuk mengevaluasi seluruh kegiatan di sekolah dan di asrama.

4) GALAXY

Merupakan wadah penggembangan diri siswa dalam bidang science dan teknologi. Organisasi ini dibagi menjadi dua sub yaitu ANTARIKSA untuk siswa IPA Reguler dan FED untuk siswa IPA Unggulan (Emercy).

Kegiatan ANTARIKSA:

  1. Apel pagi setiap hari selasa dimana anggota AN­ TARIKSA diberikan motivasi rutin dan game oleh pembina ANTARIKSA. Kegiatan ini bertujuan memupuk kebersamaan antar anggota ANTARIK­ SA dan pembina serta sebagai penyemangat siswa.
  2. Study club: belajar kelompok yang rutin dilakukan di hari Jum’at. Anggota dibentuk ke bebrapa ke­ lompok, setiap kelompok terdiri dari kelas 1 dan 2. Bertujuan untuk muroja’ah / mengulang pelajaran yang ada di sekolah.
  3. Pembuatan media pembelajaran. Kegiatan ini ber­

tujuan untuk menunjang kegiatan belajar di sekolah dan menumbuhkan kreatifitas siswa.

  • Out bond:kegiatan ini diadakan 4 bulan sekali. Ber­ tujuan untuk refreshing dan memupuk kerjasama team.
  • Exhibition: kegiatan ini dilakukan setiap akhir ta­ hun. Berupa pameran hasil kreatifitas siswa seperti media pembelajaran dll.
  • Membuat mading ANTARIKSA: kegiatan ini di­ lakukan setiap bulan. Bertujuan untuk menambah informasi dan merupakan wadah kreatifitas siswa.
  • Class meeting ANTARIKSA: kegiatan ini dilakukan setiap liburan semester. Bertujuan untuk mengeval­ uasi seluruh kegiatan di sekolah dan di asrama.

Kegiatan FED:

  1. STaN (Study Together at Night) dengan metode tu­ tor sebaya. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa Emercy yang sudah disatu asramakan.
  2. Recitation, hafalan kosakata bahasa inggris. Keg­ iatan ini membantu siswa emercy yang diwajibkan menggunakan bahasa inggris dalam keseharian mereka.
  3. Nye­peak (speaking English; experience, news, his­ tory) kegiatan ini dilakukan setiap hari.
  4. One day one juz, kegiatan dilakukan siswa emercy yang berupa membaca 1 1 juz Al­Quran dalam se­
  • 3. Memberikan informasi kepada siswa mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Mengadakan pelatihan jurnalistik.
  • Mewakili malhikdau dalam even lomba Web dan jurnalistik

7) KIR (Karya Ilmiah Remaja)

Merupakan wadah pengembangan kreativiitas siswa yang tertarik dalam bidang penelitian ilmiyah. Kegiatan ini bisa diikuti oleh seluruh siswa Malhikdua meliputi IPA, IPS, dan Keagamaan.

Kegiatan KIR:

1. Mengadakan pelatihan penulisan karya ilmiyah. 2. Menulis karya ilmiyah.

3. Membuat jurnal hasil penulisan karya ilmiyah.